Fenomena Gerhana Bulan

Dini hari tadi gerhana bulan sebagian bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Bagi umat muslim, dianjurkan untuk menunaikan salat gerhana pada saat fenomena alam itu terjadi.

Gerhana bulan sebagian mulai terlihat pukul 00.22 WIB, Selasa (8/8/2017). Kemudian sekitar pukul 00.30 WIB, terdengar suara takbir dari setiap pengeras suara di masjid-masjid yang terletak di Kampung Sukasari, Desa Mekarpawitan, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Puncak gerhana terjadi pada pukul 01.20 WIB dan berakhir pada pukul 02.18 WIB. Pada waktu tersebut ayat-ayat suci Alquran dilantunkan.

Sebelumnya Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia. Surat itu berisi imbauan untuk melakukan salat gerhana.

Kemenag meminta agar masyarakat menyelenggarakan Salat Khusuf Al Qamar atau salat gerhana bulan. Pemda di kabupaten/kota diminta menggandeng bersama para ulama, pemimpin ormas Islam dan masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana ini di daerah masing-masing.

Pelaksanaan salat Gerhana Bulan Parsial ini diminta dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan situasi di setiap daerah. Penyelenggara salat gerhana juga diminta memberi sosialisasi dan panduan salat gerhana kepada para jamaah yang akan mengikutinya.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas,

Advertisements