Tiga Pendaki Berhasil Selamat

Tiga pendaki tersesat di Gunung Semeru hingga salah jalur pendakian. Beruntung ketiganya ditemukan dalam kondisi selamat dan dalam penanganan petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

“Pendaki ada tiga orang, sekarang sudah dibawa ke Posko TNBTS, sama Tim SAR menuju Tumpang,” ujar Kades Tamansatrian Sucipto saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (28/7/2017), malam.

Sucipto menegaskan, ketiga pendaki dalam kondisi selamat. Pasca berhasil dievakuasi kini ketiganya telah dibawa petugas menuju posko terdekat. “Semua dalam kondisi selamat,” katanya.

Ketiga pendaki yang keluar jalur pendakian ini adalah Rubianyo Ganata, asal Salatiga, Jawa Tengah, Affandi Panheru, asal Semarang, dan Andra Dwi Riska Firmanda, juga asal Semarang. Mereka berangkat melakukan pendakian bersama tujuh orang rekannya.

Ketiganya mulai mendaki melalui jalur Ranu Pani – Ranu Gumbolo – Arcopodo. Ketika sampai di Arcopodo, ketiganya jalur sungai hingga jalur titik terakhir. Saat itulah, mereka menemukan jalur setapak, yang ternyata menuju Desa Tamansatrian, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

“Kemudian ditemukan warga dan dibawa ke rumah, kondisi fisik mereka drop, mungkin lelah karena perjalanan. Kini sudah dibawa petugas setelah kami laporkan,” jelas Sucipto.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Advertisements