Jerman Berhasil Membuat Australia Tunduk

Tim nasional Jerman meraih kemenangan di laga pertama ajang Piala Konfederasi 2017. Die Mannschaft menang 3-2 atas Australia.

Dalam lanjutan pertandingan Grup B Piala Konfederasi yang berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Senin (19/6/2017) tengah malam WIB, Jerman unggul penguasaan bola dengan catatan 53 persen dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Soal peluang, tim besutan Joachim Loew itu juga lebih unggul dengan torehan 18 sepakan ke gawang, enam tepat sasaran. Sementara Socceroos membukukan delapan percobaan lebih sedikit, dan satu tendangan on target lebih sedikit.

Jerman langsung tancap gas begitu laga di mulai. Pada menit keempat, Leon Goretzka melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang masih bisa diantisipasi oleh kiper Australia, Maty Ryan.

Lars Stindl membawa Jerman unggul di menit kelima. Umpan tarik Julian Brandt, berhasil diselesaikan dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Australia mengancam semenit kemudian lewat sundulan Mathew Leckie. Arah bola heading yang dia lakukan masih menyamping, Leckie menyambut umpan Aaron Mooy.

Tendangan jarak jauh dari Brandt pada menit 27 juga masih belum membuahkan hasil. Usahanya meneruskan umpan Draxler itu bisa selamatkan Ryan.

Australia bisa menyamakan kedudukan di menit 41. Tomas Rogic yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan jarak jauh Rogic sempat diblok Shkodran Mustafi, tapi arah bolanya kembali pada pemain nomor punggung 23 itu. Tendangan keduanya masuk ke gawang Jerman yang di kawal oleh Bernd Leno.

Menjelang turun minum, Jerman mendapatkan penalti. Goretzka dilanggar oleh pemain Australia, Massimo Luongo, di kotak 16 meter. Draxler maju menjadi eksekutor, yang bisa membuat Jerman unggul 2-1 saat turun minum.

Jerman bisa menjauh tiga menit usai jeda. Umpan terobosan dari Joshua Kimmich bisa diselesaikan oleh Goretzka dari jarak dekat.

Australia memperkecil ketertinggalan pada menit 56. Tomi Juric yang mencetak gol ke gawang Jerman, memanfaatkan kemelut usai tendangan bebas. Juric mencetak gol itu dari jarak dekat menyusul tangkapan Leno yang tak lengket.

Australia terus mengejar ketertinggalan, kali ini tembakan James Troisi pada menit 73 masih bisa diantisipasi oleh Leno. Sama halnya dengan usaha Robbie Kruse pada menit 79.

Di menit-menit akhir laga, Jerman mendapat dua peluang dari Goretzka dan Timo Werner. Semuanya tak ada yang tepat sasaran. Di sisa laga tak ada gol lagi, Jerman menang 3-2.

Dengan kemenangan ini, Jerman menyamai poin Chile di klasemen Grup B dengan raihan tiga angka. Sementara itu, Australia dan Kamerun sama-sama belum meraup angka.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Advertisements