Pasangan Tontowi & Liliyana Berhasil Menuju ke Final

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir jadi wakil ‘Merah Putih’ pertama yang ke final Indonesia Open 2017. Mereka lolos usai mengalahkan Chan Peng Soon/Yen Wei Peck.

Dalam pertandingan semifinal di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (17/6/2017) malam WIB, Tontowi/Liliyana menang dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-14 atas wakil Malaysia itu.

Tontowi/Liliyana dan Chan/Yen sempat bertarung cukup imbang di awal gim pertama. Tapi Tontowi/Liliyana perlahan mampu menguasai permainan. Sementara Chan/Yen kesulitan mengembangkan permainan.

Serangan-serangan yang dilancarkan Tontowi/Liliyana kerap sulit dikembalikan oleh Chan/Yen. Pengembalian yang tanggung dari Chan/Yen jadi sasaran empuk bagi Tontowi untuk melancarkan serangan dan mendulang poin.

Setelah unggul 11-9 saat interval, Tontowi/Liliyana kian tak terbendung. Lima angka beruntun direbut Tontowi/Liliyana untuk memimpin 18-11. Gim pertama akhirnya dimenangi Tontowi/Liliyana dengan skor 21-12.

Situasi tak jauh berbeda terjadi di gim kedua. Sempat ketat di awal, Tontowi/Liliyana kemudian mampu mendominasi permainan. Usai memimpin 11-7 saat interval, Tontowi/Liliyana perlahan meninggalkan perolehan angka pasangan Malaysia. Setelah bertarung selama 39 menit, Tontowi/Liliyana akhirnya menang.

Di babak final, Tontowi/Liliyana akan menghadapi Zheng Siwei/Chen Qingchen. Unggulan pertama asal China itu lolos setelah menyingkirkan rekan senegaranya, Liu Yuchen/Tan Jinhua, 21-10, 21-23, 21-16.

Indonesia masih punya satu wakil lagi yang baru bertanding di babak semifinal. Ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani berhadapan dengan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Advertisements