Tempat Tidur Rahasia Pramugari Dalam Pesawat

Tidur tidak hanya menjadi hak penumpang pesawat, tapi juga pramugari. Bagi kamu yang penasaran, ini dia tempat tidur pramugari yang tersembunyi.

Walau tidak kasat mata, nyatanya setiap pesawat dilengkapi dengan ruang istirahat bagi pramugari hingga pilot. Pramugari dan pilot tentu juga butuh istirahat, khususnya untuk penerbangan jarak jauh.

Kami pernah diberi bocoran perihal ruang rahasia di dalam pesawat maskapai Garuda Indonesia yang menjadi tempat tidur pramugari. Rahasia itu pun diketahui saat terbang dari Jakarta ke London dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 777 ER.

Dengan spesifikasi yang ada, pesawat Boeing 777 ER memiliki kapasitas untuk melayani 314 penumpang yang terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class. Selain itu juga ada 12 pramugari, 2 pramugara, dan 2 koki yang bertugas dalam pesawat.

Khusus untuk pesawat jenis Boeing, ternyata tempat tidur pramugarinya terletak di bagian atas kabin. Untuk pintu masuknya, ternyata ada dekat dapur bagian belakang. Beda lho dengan tempat untuk menyimpan makanan.

Apabila pintu itu dibuka, maka traveler akan mendapati sebuah tangga tegak lurus menuju ke ruang tidur pramugari. Di ruangan itu total terdapat 6 matras, masing-masing tiga di kanan dan kiri.

Para pramugari dapat tidur terlentang dengan nyaman, karena lebar matras sekitar 60-75 centimeter. Selain ada sabuk di bagian tengah agar tidak terjatuh saat tidur, juga ada bantal dan selimut.

Pramugari pun biasa menyelinap diam-diam untuk beristirahat setelah menghidangkan makanan. Namun walau istirahat, selalu ada pramugari yang berjaga untuk melayani kebutuhan penumpang yang bisa terjadi kapan saja.

Selain informasi di atas, baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Advertisements